Jumat, 26 Juni 2009

Penerimaan CPNS 2009 via internet

Pemprov Sumsel terus mengembangkan system yang digunakan dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Salah satunya untuk penerimaan CPNS formasi 2009, pendaftaran akan dilakukan via internet. Demikian ditegaskan Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Sumsel, Muzakir, saat ditemui di Pemprov Sumsel, kemarin. Menurut Muzakir, sebelumnya penerimaan CPNS di Pemprov Sumsel sudah dilakukan dalam 4 tahap. “Nah, untuk formasi 2009, kita akan tambah 1 lagi, yakni pendaftaran via internet atau web. Sehingga, tidak lagi mendaftar CPNS ke panitia,’ tegas Muzakir.


Menurut Muzakir, dia akan menjelaskan rencana itu pada Gubernur Sumsel dalam waktu dekat bahwa seluruh penerimaan CPNS harus mendaftar via web online. “Ya, pendaftaran melalui surat via kantor pos masih tetap ada, tapi kapasitasnya tidak sebanyak dulu,’’ ujar Muzakir. Muzakir mengakui, mendaftar via internet atau web lebih menguntungkan, lebih praktis, tidak perlu biaya dan tidak harus pergi jauh. “Karena mudah diakses dan ada di mana-mana. Tinggal akses di web, selesai. Untuk tahap awal kita akan berlakukan di provinsi dulu, nanti bertahap kita juga berlakukan juga di kabupaten kota di Sumsel,’’ kata Muzakir.
Sementara itu soal rencana pembukaan penerimaan CPNS formasi 2009, Muzakir mengatakan menunggu surat resmi dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (MenPAN) Taufiq Effendi. Pasalnya, dijadwalkan pada Juli 2009 akan dilakukan pembahasan bersama dengan seluruh kepala daerah terkait kuota PNS.
”Belum kami terima petunjuknya. Namun dalam waktu dekat ini akan pembahasan di Jakarta terkait kuota CPNS yang bakal dibuka,” ungkap Muzakir, seraya menjelaskan kemungkinan terbesar penerimaan dilakukan tahun ini sebab Indonesia sedang menghadapi Pilpres 2009 pada tanggal 8 Juli. Namun yang jelasnya pelaksanaan tes akan dilakukan serentak di seluruh Indonesia.
Menurut Muzakir, Pemprov pada bulan Mei lalu telah mengajukan usulan 300 formasi untuk penerimaan CPNS untuk formasi umum. Sedangkan kabupaten/kota juga mengajukan usulan tergantung kebutuhan masing-masing daerah. Dalam usulan itu, ungkap Muzakir formasi CPNS diusulkan dari berbagai disiplin ilmu. Dan alokasi CPNS 2009, jelasnya lebih fokus pada tenaga medis dan pendidikan dokter serta perawat dan guru. Dengan begitu, dapat dikatakan untuk tenaga medis dan pendidikan sekitar 70 persen dan sisanya untuk tenaga strategis lainnya seperti akuntansi, ilmu hukum dan lain sebagainya.

Dikutip dari sini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar